Beranda » Wisata Jogja » Pantai Sedahan | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

pantai-sedahan

Kota Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai yang indah-indah, wilayah penyumbang wisata pantai paling banyak ialah Gunung Kidul. Di Kabupaten ini Anda akan menemukan pantai-pantai dengan pesona alam yang sangat menggiurkan, satu dari benyaknya pantai yang ada di Gunung Kidul adalah Pantai Sedahan.

 

Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan pasir putihnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai ini sangat populer dengan hamparan pasir putihnya, selain itu juga terdapat dua bukit karang menjorok ke laut yang berada di sisi kanan dan sisi kiri pantai. Lokasi tersebut sangat cocok itu dijadikan target liburan bersama teman atau keluarga.

Daya Tarik Wisata

1. Bukit Karang

Pemandangan yang paling menonjol di pantai ini tentu keberadaan dua bukit karang besar yang mengapit pantai. Bukit tersebut bagaikan pagar kokoh yang menjaga sisi kiri dan kanan pantai. Bukit tersebut cukup sering di naiki oleh wisatawan. Dari puncak bukit Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang menyejukkan.

2. Lokasi Camping

pantai-sedahan

Anda dapat berkemah atau bermalam dengan mendirikan tenda yang dimana pengunjung tidak perlu lagi mencari penginapan atau hotel untuk keperluan bermalam. Anda tinggal membawa perlengkapan camping untuk bisa menghabiskan malam di kawasan pantai bersama sahabat, keluarga atau kekasih.

3. Lokasi Memancing

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah saja, pantai dengan pasir putih yang indah ini juga sering digunakan sebagai arena memancing, tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan datang ke pantai ini hanya untuk memancing ikan.

Untuk spot memancing biasanya dilakukan di sisi timur karang. Akan tetapi perlu di ingat untuk selalu hati-hati dan waspada sebab ombak besar bisa sewaktu-waktu datang.

Apalagi saat hujan turun, karang-karang yang biasa dijadikan pijakan para pemancing akan menjadi sangat licin, maka dari itu selalu berhati-hati ketika ingin memancing.

4. Pantai Pendaratan Penyu

Air laut di pantai tersebut sangatlah bersih dan bening. Tak jarang pengunjung ikut menyaksikan ikan-ikan yang berada di dalam air, yang paling istimewahnya lagi adalah pantai tersebut menjadi tempat bertelurnya penyu, yang menambah keistimewaan pantai tersebut. Beberapa spesies penyu langka juga sering bertelur.

Lokasi pantai yang didukung oleh kehadiran dua bukit yang berada di sisi kanan dan kiri pantai ini membuat spot untuk menikmati sunset sangat cocok. Didukung oleh posisi karang yang menjorok ke laut, dari sini Anda akan mendapatkan spot yang strategis untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Semakin penasaran dengan keindahannya? Kunjungi sekarang juga dengan Paket Wisata Jogja.

Fasilitas

pantai-sedahan

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sedahan tersebut masih belum ada, maka dari itu disarankan bagi Anda untuk menyiapkan segala keperluan liburan seperti bekal, tenda, perlengkapan kemah lainnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di pantai sedahan masih tergolong murah dan terjangkau. Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang.

Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua atau motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil atau sejenisnya.

Bagi Anda yang ingin berkemah dengan mendirikan tenda, Anda akan dikenakan biaya retribusi tenda yakni Rp 10.000/ tenda.

Lokasi

Baca Juga: Pantai Jungwok

Lokasi pantai tersebut tepatnya berada di kawasan Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute

Rute menuju Pantai Sedahan sangat mudah untuk dijangkau. Jika memulai perjalan dari pusat Kota Yogyakarta, tersedia dua rute yang paling mudah untuk diakses.

pantai-sedahan

Rute pertama, Anda langsung melewati Piyungan, Patuk, Gading, Siono, Kota Wonosari lalu Jalan Baron, Tepus, Ndakbong, Purwodadi, kemudian Balong hingga pertigaan Jepitu belok ke kanan.

Setelah itu Anda hanya perlu melihat plang nama pantai yang bisa Anda temukan disepanjang jalan sebab posisi Anda sudah sangat dekat dengan lokasi.

Rute kedua, memulai dari pusat Kota Jogja Anda langsung menuju wilayah Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, kemudian Baron, Kukup, Indrayanti, Ndakbong, kemudian ada pertigaan Anda ambil lurus menuju ke Pantai Wediombo.

Setelah sampai di pertigaan Jepitu silahkan belok ke kanan, bila sudah melewati TPR terdapat pertigaan dan belok kiri, setelah itu lurus dan Anda akan sampai lokasi pantai.

Tips berwisata

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Ketika inging berkunjung, Anda akan harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke pantai. Maka dari itu terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapakan agar perjalanan liburan Anda menjadi lancar. Berikut tipsnya :

  1. Bawalah kendaraan dalam keadaan baik dan pastikan tengki bahan bakar penuh.
  2. Membawa bekal makan atau minum karena pantai tersebut belum tersedia warung.
  3. Menyiapkan peralatan atau kebutuhan jika ingin camping
  4. Datanglah dalam kondisi fit
  5. Menggunakan alas kaki yang nyaman
  6. Membawa pakaian ganti
  7. Menjaga kebersihaan lingkungan
  8. Membawa kamera dan powerbank untuk keperluan charger

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Sedahan yang merupakan pantai tersembunyi yang ada di Gunung Kidul, Persiapkan diri Anda ketika ingin mengunjungi pantai yang sangat indah ini, dan jadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata Anda berikutnya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.